Gema Bakti Dosen Dan Mahasiswa Dengan Tema “GREEN CAMPUS: Aksi Peduli Dosen Dan Mahasiswa Untuk Lingkungan Kampus Bebas Sampah”

Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) Unkhair, Tim Dosen dan Mahasiswa melaksanakan sebuah program yang dinamakan Gema Bakti di lingkungan kampus di kelurahan Akehuda kecamatan Kota Ternate Barat Kota Ternate Provinsi Maluku Utara pada hari Sabtu dan Minggu tanggal 24/25, Juni 2023 dengan tema yaitu : Dosen Dan Mahasiswa Dengan Tema “GREEN CAMPUS: Aksi Peduli Dosen Dan Mahasiswa Untuk Lingkungan Kampus Bebas Sampah” Kerja bakti tersebut bermaksud untuk meningkatkan kepedulian civitas akademik kampus Universitas Khairun terutama  Prodi PPKn terhadap lingkungan yang bersih dan sehat, dan dapat membangun ikatan sosial yang lebih kuat sebagai perwujudan dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yakni Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Adapun metode kegiatan yang digunakan yaitu observasi dan partisipasi. Hasil dari kegiatan Gema Bakti ini dapat dirasakan masyarakat kampus adalah polusi udara yang bersih dan menjauhkan diri dari potensi penyakit.

Persoalan sampah merupakan permasalahan global di banyak negara termasuk Indonesia. sampah plastik yang diproduksi oleh manusia sejatinya merupakan ancaman laten yang bakal terjadi sewaktu-waktu dan berdampak nyata bagi alam di sekitarnya. Limbah dari sampah plastik telah menambah tidak hanya di daerah perkotaan, tak sedikit sungai dan bibir pantai yang lama-kelamaan justru menjadi tempat pembuangan sampah. Tujuan dari Gema Bakti ini adalah untuk membangun sikap peduli terhadap lingkungan kampus FKIP Unkhair Ternate dan menumbuhkan kesadaran serta keadaban kewarganegaraan (Civic awareness and virtues).

Peserta dalam kegiatan ini, Yaitu Dr. Syahril Muhammad, M.Hum, Dr. Mohtar Kamisi, S.Pd., M.Si, Dr. Irwann Abbas, S.S., M.Hum, Dr. Irwan Djumat, S.Ag, M.Pd, Dr. Wahyudin Noe, S.Pd., M.Pd, Dr. Misrina, S.IP., M.A, Drs. Mukhtar Yusuf, M.Si, Hasmawati, S.Ag., M.Pd, Nani Rajaloa, S.Pd., M.Pd, M. Arif Wicaksono, S.IP., M.IP, Irham Wibowo, SH., M.H, Harun Gafur, S.Pd., M.Pd, Ramsliyanto Pobela, S.H., M.H, dan beserta sejumlah mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas Khairun.

Dosen dan Mahasiswa saat kerja bakti membersihkan halaman masjid kampus.

 

Dosen dan Mahasiswa.